Monday, July 15, 2013

Counting days, dissapointed, problems & stuff

Melihat teman-teman seperjuangan yang rajin nge post, saya merasa maluu..
Tapi karena itu juga jadi termotivasi buat update hal-hal terbaru di bulan July ini.

Kalo diliat dari tanggalan di kalender, hari makin hari terlewati dan menjadi makin dekat menuju hari H nih. Bener-bener gak nyangka kalo harinya udah bisa diitung pake jari (ps: minjem dua jari kaki, kan jari tangan cuma ada 10).
Gak tau kalo dengan pengalaman2 yg udah pada merid duluan itu sama gak ya sama yg aku alamin sekarang? Sibuknya ia, mondar mandir ia, undangan ada yg gak sampe ia dan masalah2 lain yang akan dibahas di bawah.

Kalo aku sharing sama beberapa temen seperjuangan yang meridnya 20 hari lebih dulu dari aku, mereka bilangnya kalo udah nginjek hari H-belasan itu malah udah lebih nyantai merekanya. Tapi koq ya aku kebalik. Malah ini gak tenang rasanya. Urusannya jadi ganda.
Hari ini aja aku sampe gak sengaja ikutan puasa gara-gara sibuk dari pagi sampe sore sampe gak sempet berenti untuk sekedar cari makan. Hufff...

Tapi tak apalah kalo ngeliat semua urusan udah diselesaikan satu-satu, tinggal menunggu hasilnya aja nih di hari H. *dag dig dug
Sebenernya emang salahnya aku yang dulu-dulunya terlalu cuek. Mikirnya ahhh masi lamaaa..
Tapi dalam sekejap mata tiba-tiba uda deket. Perhatian untuk para capeng nih, jangan seperti saya.. hahahah...

Masalah yang agak fatal sebenernya itu bermuara di kartu undangan.
Kartu undangannya ternyata kurang.. Kurang, sodara-sodara..
Di sini bukan soal SAH Cards yang membuat kesalahan penuh si.. Tapi inti masalahnya sendiri berasal dari keluarga.

Kronologisnya begini..

* H-4 bulan, ortu tanya ke keluarga besar bokap soal berapa kartu undangan yang mereka butuhkan untuk semua sodara2 dari yg deket sampe yg jauh. Dan mereka minta jatah 30 undangan. Oke, fix 30 undangan. (Note: aku udah bilang ke mereka jumlah undangan yg aku order itu 500 undangan)

* H-3,5 bulan order 500 undangan ke SAH Cards, dan dapet bonus free 30 kartu.

* H-2 bulan, undangan udah jadi dan udah langsung diambil di percetakan. Total undangan 530.

* H-39, ternyata setelah di saring2 jumlah undangannya memang kurang, dikarenakan si koko yang ngeboyong 62 undangan ke Melbourne, buat disebar di sana (catatan : semuanya yg pasti gak bisa hadir, dan ngasi undangan buat sekedar formalitas). Dan saat itu aku nambah 100 undangan lagi dan sekalian sedikit merubah nama calon papa mertua. Karena di undangan pertama aku minta tulisnya dengan nama indo nya, tapi ternyata kata papa mertua, temen2nya cuma tau nama Chinese nya. okee deehhhh.. Fix minta ganti nama di 100 undangan tambahan.

* H-25, undangan tambahan 100 kartu + bonus free 10 dianter. Dan.. jeng.. jeng.. jeng.. ternyata pihak percetakan salah masukin kartu. Ada 44 kartu yang namanya masi belum keubah. Duenggg... aku langsung minta di ganti dengan orderan sesuai nama yg aku minta. Dan marketing aku sendiri yg minta maaf terus menerus karena udah lalai. Dia bilang sebenernya kelalaian dari pihak cetaknya. okee dehh..

* H-18, undangan baru pada mau disebar, dan ternyata eh ternyata... Dari pihak keluarga bokap minta nambah 30 lagi! Yang tadinya mereka minta 30, dan sekarang di waktu yg terjepit ini mereka minta nambah 30 lagi. Jadi totalnya 60! Dan suerrr deh 30 itu bukan jumlah yg sedikit kalo kitanya hanya punya undangan yg udah menipis gini. Tadinya toh aku dan nyokap udah lega dan sedikit leha-leha lohh soal urusan undangan. Tinggal dianter ke rumahnya masing-masing. Semuanya udah di siapin, udah dicetak semua label namanya dan udah di tempel ke semua undangan. Udah rapih serapih-rapihnya.. Nah, tapi kurang lebih tinggal dua minggu lagi ada perubahan mencolok seperti ini.
Mau jadi apa??

Begini yaa.. okelah secara keseluruhan memang yang punya hajatan tuh pasti yg bertanggung jawab untuk urusan pemesanan kartu, nentuin jumlah kartu sampe ke pembagian kartunya. Dan kalau tiba-tiba ada terjadi kekurangan kartu kayak gini, yaa pastinya yg punya hajatan yang jadi tersangka utamanya apapun itu.
Tapi ya tapiii.. mbok ya jangan mendadak gini ceritanya kalo emang butuhnya lebih. Kalau emang mau nambah sekitar 5-10 biji pun masi oke deh. Tapi sampe nambah 30 undangan di waktu sekitar 2 mingguan sebelum hari H itu...... *face palm aja deh

Dan tingkat kekecewaanku terjadilah.. begini loh.. dengan sangat berat hati aku dan nyokap bilang ke keluarga besar bokap kalo jumlah undangan itu kurang dan susah untuk memenuhi permintaan mereka untuk tambah 30 undangan lagi. Karena memang semua undangan udah beres (print nama, tempel nama & diplastikin) dan lagi udah sebagian yg di bagikan.

Logikanya ya ni.. logika doang loh.. menurut aku si.. keluarga itu ya tetep keluarga, dari oma, tante2, om2, dan sepupu2. Berandai aja, misalnya aku gak kasih undangan ke mereka pun, toh mereka tetep juga bakal dateng kan ke acara aku. Ya masa gak dapet undangan, lantas mereka gak mau dateng?!
Mereka itu toh semua keluarga deket koq, adek-adek kandung bokap beserta dengan anak-anaknya yg udah pada berkeluarga. Ia kan??
Nah, masa harus aku korbanin undangan2 yg lainnya buat mereka yg jelas lebih membutuhkan undangan ketimbang mereka yg keluarga sendiri??
Jawabannya.. Iya.. Aku dengan terpaksa mencabut label-label nama yg udah tertempel rapih di undangan untuk temen-temen SMA dan temen-temen kampus. Ada 24 undangan yg aku korbankan untuk diberikan ke keluarga. Dan nyokap pun ikut menutupi kekurangannya dengan terpaksa juga dia nyabutin beberapa nama-nama temennya dan otomatis dengan begitu mereka batal diundang.

Waktu aku nyabutin satu-satu label nama di undangan yg bertuliskan nama-nama temen aku, itu rasanya... pengen nangis loh. Kecewa.. berat.
Aku yg punya acara, tapi juga aku yg harus ngorbanin undangan2 aku yang tadinya sudah sedikit, sekarang makin sedikit lagi. Dari 600an undangan, aku cuma ambil sekitar 60an undangan loh buat temen-temen. Dan akhirnya sekarang malah jadi 40an saja.

Gak rela.
Mereka yg sebenernya gak begitu perlu undangan VS Mereka yg membutuhkan undangan
dan pemenang akhirnya tetep yg gak begitu perlu undangan..
Seperti adek-adek bokap, ponakan-ponakan bokap sampai oma pun dapet undangan sendiri atas namanya.
Bukannya aku kurang ajar sebagai salah satu anggota keluarga mereka, bukannya aku gak hormat sama mereka, bukannya aku gak mau kasi undangan ke mereka, tapi.. di saat seperti ini, justru keluarga lah yang semestinya paling mengerti permasalahan apa dan membantu bagaimana mencari solusinya. Bukannya malah merajakan tamu, malah jadi merajakan keluarga sendiri. Lagipula apa sih sebenernya arti kartu ini buat mereka? Mereka toh tau uda dari setahun sebelumnya soal rencana pernikahan, dimana, kapan, sama siapa, bagaimana.. Nanti juga ujung-ujungnya bakal berakhir di tempat sampah setelah acara selesai.

Dimana-mana kan logikanya yg punya acara itu yg selalu mengalah. Dan mereka itu keluarga aku. Secara otomatis ini juga acara mereka dan mereka juga salah satu dari tuan rumah di acara ini.
Tapi malah jadi tamu-tamu aku yg mengalah loh demi mereka. Sungguh hati deh rasanya gak enak setengah mati sama temen2 aku yg tadinya udah aku janjiin kartu undangan. Juga kepada keluarga dari pihak nyokap yg mau memberi pengertian soal kenapa kita gak kasi mereka undangan.
Mereka bilang, "iyaahh gak apa-apa koq, kita mah gak butuh kartu undangan, yg penting niatnya.."
Ohhh.. berasa menegak air di tengah2 Sahara.

Untuk bisa nulis di sini dan cerita soal masalah ini ke khalayak umum, bukan bertujuan untuk membuka keborokan keluarga sendiri. Tapi aku cuma jadi apa adanya. Aku sangat kecewa.
Jadi gak masalah juga kalau nanti ada di antara keluarga aku yg ikutan ngebaca post ini. Mereka sendiri toh juga tau kalo aku kecewa.

Di akhir post ini, maaf kalau sebelumnya terdapat kata-kata yang menyimpang dan tidak enak diserap hati sama temen-temen di sini.. Mungkin juga ada beberapa dari kalian yg gak setuju dengan pendapat aku di sini, di share juga bolehh.. :)

Calon penganten lagi galau.. *lebay*









19 comments:

  1. gua dari awal uda ngelist nama2 org yg mau dibagiin undangan, jadi order jumlah undangan sesuai list itu...dan gua ga masukin nama keluarga dong *mendadak panik* karena kayaknya tipe keluarga kita mirip2 hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha ia.. Tipe2 orang jaman dulu..
      Wah jangan sampe deh nasibnya kayak gw sampe harus robek-robekin nama undangan yg udah rapih.. Itu bener2 gak enak banget rasanya ;'(

      Delete
    2. ampe lupa ngucapin.... selamat deg2an ya... semangat! :D

      Delete
    3. Wuahahahah belom si, Mel.. Mungkin minggu depan deh deg2an nya *nawar :p

      Delete
  2. wah uda semakin deket semakin deg2an yaa... ga nyangka uda tinggal seminggu lebih aja ni, uda bisa diitung pake jari tangan (plus jari kaki)

    note buat rollz ni: harus dicatet ni biar nanti ga ribut2 soal undangan... at least soal undangan ga pake stress2an...

    ngerobek2in nama undangan mah pasti ga enak atinya ya.. sabar ya sabar... jangan biarkan mood merusak semuanya... *baru baca di majalah le marriage tadi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia rollz.. emang kalo hari makin deket itu emang banyak tantangan dan godaan..
      Uda kayak di bulan puasa aja.. hahaha

      Thank you ya, rollz ^^

      Delete
    2. jangan lupa istirahat lho.. penting juga itu (katanya)...
      duh semoga diriku nanti tidak se-stress dirimu...
      amiiin :)

      fighting!!

      Delete
  3. sabar ya tif... *puk-puk tiffy*
    untung dari dulu ampe sekarang kedua belah pihak keluarga aku dari papa n mama ga segitunya, toh mereka akrab dan ada yg jadi panitia juga, jd cukup by lisan harusnya sih mereka dengan senang hati bakal dateng...
    sedih emang klo gda yg bisa ngertiin...

    ReplyDelete
  4. Udah h-11 yah.. Semangattt.. :D

    Kalo temen yang masih muda2 gitu dikirimin undangan via email gitu aja kali Tif :D Semangat yah.. Jadi masukan juga nih buat gw dan capeng lain nantinya... Thanks for sharing yah Tif :)

    ReplyDelete
  5. Kebayang tif gmn bingungg n kecewanya,.sabar ya tif,. Ia c ya,mustinya keluarga yang ngalah, :( sisa temen yang ga dpt kartu,invite di fb,atau by bbm aja tif,,. Klo mrk niat dateng,pst mrk dtg kog ke partymu ^^ semangatt tif,, jaga kesehatan yg paling penting,. Jgn lupa kroscek smuanya. Sminggu sebelum hr h,. Good luck girls :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iah miu, untungnya semua temen2 yg gak kebagian kartu jg pada ngerti..
      Memang yg muda yg ngalah dehh.. hahah

      Thank you :D

      Delete
  6. Aduh baca postmu jadi membuat catatan sendiri buat lebih detail dalam cetak undangan entar hehehe,sabar yaa tif dan banyak doa...jaga emosi biar pas hari h nya km bisa happy trs
    iyaa sih harusnya keluarga lebih mengalah tp klo udh tua - tua gt pasti mau terima fisiknya undangan, yaa jadinya buat temen hanya bisa ngabari via media sosial or telp...
    mudah2an kejadian ini tdk mengurangi kebahagianmu yaa tif
    good luck kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh yg Mira bilang.. Memang sudahlah kalo kata nyokap, makin deket hari makin banyak godaan.
      Makasi supportnya, Mira.. :)

      Delete
  7. Ikut sebel dengernya :) Keluarga dekatku sih kebanyakan akrab jadi masih gpp kalau ga dapet undangan. Kaya bokap gw tiba2 merubah undangan yg dah gw labelin untuk adiknya jd buat relasinya. Tp ya si oom tetep dateng (anak dan istrinya gw kasih tugas ahhuauhauhauh). Sabar ya. Temen2 yg deket ga usah dikasih undangan (lisan aja), pasti mrk ngerti. Atau kalo ngundang ortu plus anaknya yg udah merid, digabungin jd 1 undangan (tp namanya ditulis semua). Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Renny untuk sarannya.. :D
      Memang intinya harus ada pengetian aja ya dari masing2.. haha

      Delete
  8. sabar yah tiff, semua pasti ada hikmah nya kok. meskipun kesel emang, aku juga setuju kok kalo keluarga deket harusnya ngalah ga pake undangan, tapi sabar aja yah tiff. sukses yah untuk married nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you... :)
      Ia ini mah udah disabar-sabarin aja, daripada tar muka jadinya berkerut. hahaahah

      Delete