Tuesday, January 29, 2013

KPP ohh KPP..

Aloha selamat siang menjelang sore semuanya....!
Terdengar ceria kan sapaannya, walaupun aku lagi sakit udah 2 hari ini, uhuk uhuk..

Tapi biar lagi sakit2 begini, aku rela2in diriku pergi ke kantor sekertariat gereja kemarin siang dan hari ini. Kemarin ceritanya mau ngambil surat penghantar dari kepala lingkungan untuk mengikuti KPP di paroki lain (nanti aku jelaskan soal KPP) dan harus ditanda tanganin sama pastor paroki aku. 
Ehh, pas kemaren udah mau diambil, suratnya udah jadi, tapi pastornya pada lagi di luar. Jadinya gak ada yang bisa nanda tanganin, huhuhu... Mana lagi nahan2 gak enak badan.. 
Akhirnya ibu2 pengurus sekertariatnya bilang balik besok lagi aja, tinggalin suratnya disini.. Yo wes..

Untungnya tadi pas balik ke kantornya lagi, suratnya udah siap diambil, udah lengkap sama tanda tangan pastor kepala paroki. Aseekkkk... Jadi kawin nikah saya.. 

Nah, aku jelasin dulu secara singkat apa itu KPP. 
Kalo yang udah pernah ngikutin blog2 yg lain, kayak blognya Nichole yang kemaren2 juga udah ngebahas soal KPP nya, jadi mungkin udah agak2 ngerti sedikit.

Jadi kita yang menikah secara Katholik itu wajib untuk ngikutin Kursus Persiapan Pernikahan, yg lebih gampangnya disebut KPP. 
Bingung juga pertama2 dengernya. Moso mau kawin nikah aja pake ada kursusnya segala? 
Aku pernah nanya2 dikit ke sodara yang pernah ikutan KPP, apa aja sih emang yang dibahas disana? 
Soalnya kursusnya itu bukan cuma barang sejam dua jam, tapi 3 hari! Dari pagi sampe sore berturut2. Mungkin jadi mirip2 kayak seminar gitu yak. 
Jadi kurang lebih yang aku denger2, di sana bakal dibahas secara umum gimana hidup berumah tangga secara Katholik yang baik, menjadi suami dan istri yang sah di mata Tuhan, gimana nanti mengatur dan menyesuaikan diri, dan juga ada dibahas mengenai harta, uang atau ekonomi keluarga juga dibahas lengkap.

Yahh okeeh aku gak mau sotoy-sotoy dulu ngejelasin soal KPP, padahal belom ngikut. 
Jadi aku ceritain aja yang spesialnya dari KPP ini.

Jadi kan begini, karena si koko berada jauh di benua lain *gak bosen2 aku nyeritainnya* jadinya kan kita selalu kesusahan ngatur waktu dan jadwal buat segala persiapannya ini. Bukan soal KPP doang yg bingung nyari waktunya yang pas sama waktu dia pulang ke Jakarta, tapi buat ngatur prewed juga susah *jadi curhat soal prewes ntar*

Tadinya kita udah bolak-balik liat jadwal KPP di macem2 paroki dan macem2 kadenat Jakarta, tapi semuanya gak pas sama jadwal dia pulang. Kita udah pasrah, bakalan kursus sendiri2 aja tadinya. Aku kursus di Jakarta dan koko kursus di Aussie. Kan gak lucu juga bayanginnya, yang lainnya pasangan2 gitu ntar di kursus, akunya sendirian sama buku catetan dipojokkan. 
Tadinya malah si koko bilang, ya udah kamu kursus disini aja bareng sama koko, nih koko beliin tiketnya. Maacih koko.. aku terima niat baiknya, demi kita ikut kursus bersama.. hiks hiks.. Tapi tetep di pikir2 demi ikutin kursus doang, aku harus terbang 7 jam an lebih di pesawat (saya takut naik pesawat) dan buang2 uang tiket juga, sayang rasanya. 
Tetep balik ke keadaan pasrah buat kursus masing2..

Tapi ternyata si koko gak menyerah, dia masih nyari2 lewat internet di tiap paroki2 di Jakarta buat ngeliat jadwal KPP nya. Di lain sisi, akunya udah lupa gak tau lagi ngerjain apa. 
Dua minggu lalu dia kabarin kalo ada satu paroki yang jadwal KPP nya pas sama jadwal dia pulang bulan Februari. Puji Tuhan... Jadi bisa barengan deh.. gak usah duduk di pojokkan sendirian lagi deh.. 

Langsung aja aku telpon ke kantor parokinya buat nanya dokumen2 apa yang dibutuhin. Dari sana sih cuma minta surat penghantar dan tanda tangan dari pastor paroki (yg tadi aku ambil), fotokopi surat baptis, foto masing2 ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar dan yg terakhir uang pembayaran 230 ribu untuk sepasang. Agak mahalan dikit dari paroki2 lain yang rata2 150 ribu sepasang, pas ditanya katanya mereka pake buku sendiri. hooo ya sudah.. yg penting bareng.. cihuii *salto*

KPP nya masi ada 2 minggu lagi sih. Seminggu abis imlekan. Jadi tak sabar, hihi..
Minggu depan si koko pulangg.. Cepet banget udah balik lagi, padahal baru Januari kemaren balik.
Gak apa2 asal gak dimarain bos nya yg disana yah..

Segitu aja dulu.
Sampai jumpa di postingan berikutnya.. uhuk uhuk.. *selimutan lagi*




6 comments:

  1. tif..

    aku juga mw KPP nih minggu depan...tapi belom daftar, karena harus nunggu surat baptis sik pacara dari Surabaya...

    hihihihi...

    En minggu depan pacar juga pulang...

    *tos*

    Smoga lancar terus ya tif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik asik, samaan waktunya.. Ayo keburu didaftarin Vir.. Aku juga lagi nunggu kopian surat baptis sama fotonya laki nih.
      Minggu depan sama2 pacaran dan persiapan bareng lagi deh ya, cihuii.. :D

      Semangat ya, Vir! Lancar jaya

      Delete
  2. Enaknya kalian berdua, gue masih berkutat sama surat-surat nih... Kemarin baru beres ngurus surat pengantar dari lingkungan -> belom ke paroki.. huff...
    Tif, btw u gak aktifin tampilan blogger seluler ya? rada berat kalo buka blog u dari hape nih.. harus dari komputer :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat penghantar dari ketua lingkungannya kan cuma satu kan, Nicole?
      Sejauh ini udah beres surat2 apa aja? Same here koq, masi berkutat sama surat2 yg musti diurus ke kelurahan, gereja sama catatan sipil >.<

      Oh ia, mahap saya gaptek jadi belom di setting. Ini udah koq barusan aja udah di aktifin tampilan blogger selulernya, untung ada yg ingetin :)

      Delete
  3. Waaah siap siap pantat kemeng tiff :p
    biasanya sih sepanjang KPP ngerasa ngantuk hihi cuma 1 ato 2 topik lah yang bikin mata melek dan pasangan pada semangat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadooww.. Aku paling gak betah sebenarnya yg tipenya kayak seminar2 begono..

      Tapi.. untungnya gak sendiri.. hihihi

      Delete