Monday, June 17, 2013

Sangjitan..

Heloo heloo..
Maap aku sekarang jadi jarang-jarang buat update blog. Kalo diliat hari yg makin dekat, mungkin yang pada udah nikah atau yang lagi persiapan juga bisa tau gimana rasanya (selalu ber alasan ria, lalalala...)

Mumpung lagi ada semangat buat nulis, jadi cerita kali ini adalah kisah seputar sangjit. Yak, kalo bagi orang-orang yang udah paham, jadi sangjit itu ceritanya kayak seserahan gitu lah. Mau orang Chinese atau Jawa juga pasti ada yg namanya acara seserahan gini sebelum merit.
Emang biasanya mungkin sangjit itu diadain seminggu sebelum hari H itu sendiri, tapi aku malah sebulan lebih sebelumnya, hihi.. maap mendahului senior-senior yg nikahnya lebih dulu tapi malah aku yg sangjitan duluan.

Bukan apa-apa sihh.. bukan karena ngebet merit, bukann... cuma pas waktunya lagi2 harus dicocokkan dengan jadwal kepulangan koko ke Indo. hikss.. jarak jauh ini kadang bikin repotnya setengah mati (bukan kadang, sering malah! grrrr...)

Karena waktu itu masih belum jelas jadwal kepulangan koko di bulan July, jadinya pihak keluarganya koko yg mutusin untuk sangjit lebih awal. Takutnya nanti kalo dia pulangnya deket-deket hari H dan agak mepet, jadi gak tenang juga. Tapi ternyata koko bisa pulang pada tanggal 16 July (11 hari menjelang hari H), tapi yah sudahlah.. segalam macem barang juga udah disiapin.

Kebanyakan ngomong jadi lupa nulis acara sangjitannya itu udah minggu lalu terlaksana. Tepatnya di hari minggu, tanggal 9 Juni kemaren.  Itu aja si koko baru pulang tanggal 8 Juni sore, jadi waktunya bener-bener deket-deketan.
Untuk persiapannya sih, kalo dari adat keluarga aku ya, jadinya keluarga cowok yang nyiapin macem2 barang mulai dari barang-barang kebutuhan aku (baju, tas, dompet, sepatu, sendal, perhiasan, kosmetik), trus masi ada lagi kue-kue dan buah-buahan buat seserahan. Nah, aku juga gak nyantai2 aja tinggal nadah tangan nunggu diberi gitu, enggaa.. Aku bagian buat nyiapin keperluan calon suami juga.. misalnya kemeja, celana, dompet, sapu tangan, kaos kaki, iket pinggang, sisir dan sepatu.
Jadi ibaratnya kayak kita tukeran barang aja..

Acaranya berlangsung rame banget ternyata. Khususnya si dari keluarga aku yang datengnya udah kayak rombongan geng mafia. Serombongan gitu pas mereka ngantri buat nerima seserahan dari keluarga cowok, persis udah kayak orang antri sembako. Tapi di saat itu aku dan koko bersembunyi dulu. Gak tau juga kenapa adatnya gak ngebolehin pengantin pria nya ikutan pas proses seserahannya kelar. Jadinya koko ngadem dulu di mobil, nunggu sampe acara serah terima barang dan lanjut dengan sesi ngomong-ngomong keluarga selesai, baru dia boleh masuk. Kalo soal kenapa aku ikutan bersembunyi juga, gak ada apa-apa sih, cuma kayaknya seru aja gitu.. hahahaha..!!

Berikut ada lampiran-lampiran foto acara sangjitan



Barang-barang seserahan dari pihak cowok


Karena bertepatan dengan ultahnya nyokap, jadi sekalian surprise deh

Rame kannn (familymix)

Calon penganten numpang mejeng ^^


Segitu dulu untuk ulasan singkat mengenai sangjitan aku yaa..

Yuk marii... :)




8 comments:

  1. whoaaa...udh tenang ya sekarang...
    satu urusan ude slesai aja gituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibilang tenang juga belom sih, vir.. Masi banyak perintilan yg belom kelar.. ughh >.<

      Delete
  2. wah uda sangjitan... berarti tinggal bentar lagi yaa... hohoho... semangat2... lega deh pastinya ada yang uda selesai lagi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masi sebulan lagi si, Rollz..
      Hehehe, sama-sama semangat! :D

      Delete
  3. Wahhh.. Serunyaa.. :D Seneng yah dapet seserahan gitu :D Di adat Minahasa gak ada soale... Udah deket banget Tif, 38 hari lagii.. udah deg2an belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohhh gitu yaa..
      Hehe ia nih udah deket gak berasa.. tapi masi nyantai aja bawaannya..
      Deg-degan soal acara si engga ya, Py..
      Tapi deg-degan soal gimana kelanjutan hidup berkeluarga sih.. ihii

      Delete
  4. waw keluarga besar nya kumpul jadi seru ya acara nya ....
    semga semua nya lancar ya :)

    ReplyDelete