Saturday, February 2, 2013

I miss Tokyo so much.. #1

Selamat siang.. srott srott.. 
Maaf kedengerannya jorok yah? Saya emang masi flu ini udah seminggu belum sembuh2, uggh.. (>.<)
Jangan sampe pas koko minggu depan balik malah ketularan virus dari Jakarta, hihi..

Kalo diliat dari judulnya, memang ini sepertinya lagi galau kayaknya. Entah tiba2 rasa rindu ini menyeruak tak keruan di hati *ciahhh*
Jadi pengen bercerita aja.. Memang ini gak ada hubungannya sama sekali sama Wedding atau persiapannya, tapi buat aku peristiwa2 ini udah menjadi salah satu peristiwa penting yang gak mau dilupain seumur hidupku. Jadinya lebih baik aku tulis aja jadi salah satu atau dua atau lebih dari beberapa postingan di blog ini..

Jadi ceritanya agak dimundurin dikit ya. Dari sekitar 2 tahun yang lalu kisahnya..
Di masa itu, itu aku pernah ambil kelas bahasa di Tokyo pas musim panas. Jadi anggaplah Summer class gtu. Jadi selama Summer tuh aku menetap di Tokyo, Jepang. 
Jadi begini.. Aku ini dari kecil udah cintaaaa banget sama Jepang. Mulai dari kartun Doraemonnya tuh yang dulu tiap hari Minggu jam 8 pagi ditayangin di RCTI. Trus mulai suka manga (komik), trus film, trus musik, trus budaya, trus bahasa, trus cowoknya.. uppss. Jangan diteruskan nanti ketahuan.. hihi.

Jadi karena udah lama sekali melekat di hati dan rasa cintanya semakin mendalam, dulu aku sampe punya cita2 mau tinggal di Tokyo untuk selamanya, nikah sama cowok Jepang, dan punya anak blasteran Jepang. Nah akhirnya karena merasa diri udah dewasa, akhirnya hati udah mantep rasanya buat ngambil keputusan buat sekolah dan kerja di Tokyo. 
Setelah berhasil merayu ortu, akhirnya mereka pasrah dan ngijinin anak cewek satu2nya buat sekolah di Tokyo. Nah pertama kan yang penting bahasa dulu haruslah sangat lancar, kalo emang mau berlama-lama di sana. 
Sebelumnya memang aku udah belajar sendiri selama 2 tahun, mulai dari nulis, baca dan pada akhirnya nyokap panggilin guru les Jepang yang dateng ke rumah. 
Jadi rencananya tuh ke Tokyo kemaren tujuannya untuk pemanasan loh. Udah kayak olahraga aja pake pemanasan. Ia, latian uji coba buat tinggal disana. Mau liat gimana caranya dan bagaimana nantinya yang harus dipersiapkan. Pokoknya aku pengennya semua dipersiapkan sematang-matangnya.
Akhirnya..
Iseng2 selama summer juga ga ada kerjaan di Indo, jadinya ngambil kelas bahasa di salah satu sekolah bahasa Jepang di Tokyo.

Pas berangkat, dianterin dong rame2 sama bokap, nyokap, adek sampe di bandara. Kayaknya tegang2 gimana gitu kan, karena saat itu aku bener2 sendirian. Pokoknya semuanya bener2 sendirian mulai dari pengurusan masuk sekolah sampe pendaftaran dan pencarian program homestay. 
Dibilanginnya sih dan udah dijanjiin dari pihak homestay nya, yang emang kerja sama dengan sekolah aku saat itu, dibilangnya bakal ada yang ngejemput aku begitu sampe disana. Aku sih bener-bener pasrah.. Entah gimana jadinya kalo sampe disana gak ada yg jemput dan malah jadinya ngilang di Tokyo sendirian sambil geret2 koper yang bisa muat satu orang ukurannya. 

Setelah nyampe disana, pengen rasanya langsung sujud sukur nyungsep di lante bandara. Bukan karena kegembiraan yang meluap2 karena udah nyampe di Tokyo, tapi karena kelegaan yang luar biasa karena udah nginjek tanah lagi. Maklum, aku ini phobia pesawat.. Sedih sekali.. mau kemana2 jadi susah kan.. mungkin next time aku bisa ceritain kenapa bisa sampe begitu.. Aku dulu tak begitu.. *ngemut jempol*

Untungnya, ada satu lembaran gede gitu bertuliskan namaku yang lagi diangkat tinggi2 gitu sama yang ngejemput. Dia sambil celingak celinguk kanan kiri, eh tiba2 aku udah berdiri di depannya, dan dia kaget. Hahahahaa... Senang sekali saya ngerjain orang. 
Namanya Tanizaki-san (san, itu panggilan buat semua orang, yang di sana itu menandakan kita sopan dan hormat sama orang itu). Cewek berumuran 35an, tapi masi cling sekali mukanya kayak anak remaja (kekuatan gaya hidup orang Jepang yang teratur dan makan makanan yang sehat).

Tanizaki-san awalnya mulai nyerocos pake Inggris, karena dia ngiranya kan orang asing ya gak bisa bahasa mereka. Tapi Inggrisnya wadohh.. malah gak ngerti saya dia ngomong apa.. Akhirnya aku bilang pake bahasa Jepang aja. Dan keliatan mukanya lega karena gak usah harus susah2 pake bahasa bule. Perjalanan menuju kota sekitar 1 jam naik train. Agak2 tengsin juga si naek semacam subway gtu sambil bawa2 koper gede gitu. Ketauan banget ni orang asing yang baru dateng. 
Sambil ngeliatin pemandangan di sepangjang perjalanan, aku juga sambil nanya2 soal kejadian gempa dan tsunami terbesar yang waktu itu terjadi di bulan Maret. Dan memang kejadian itu masih fresh sekali diingatan penduduk Jepang, kan kejadiannya baru sekitar 4 bulan yang lalu saat itu. Tanizaki-san pun cerita-cerita soal keadaan waktu itu yang dimana banyak gedung2 pencakar langit joget, alias bergoyang berayun-ayun mengikuti irama alam *ciahhh*
Ngeri memang, tapi mereka sendiri percaya sama pembangunan rumah dan gedung2 di sana itu memang dibangun khusus untuk anti gempa, jadi kuatnya 100%. 

Singkat cerita, aku udah diantar dengan selamat ke rumah salah satu keluarga yang nyediain homestay buat pelajar asing. Nama keluarganya itu Azano. Keluarganya cuma terdiri dari 4 orang, jadi bapak , emak, sama 1 anak cewek umurnya 18 tahun dan 1 bocah cowok umurnya 7 taun. Pas ngeliat emaknya, wuihh cantik bener mirip2 Tamara Bleszynski versi Jepangnya deh.. Anaknya yang cewek juga cantik. Idungnya pada mancung2. Ngiri saya.. 

Nama anaknya Reiko (18) dan Takeshi (7). Tapi sayangnya, Takeshi waktu itu lagi liburan di Okinawa   (daerah Jepang yang jaraknya 2 jam naik pesawat dari Tokyo) buat ngisi liburan musim panasnya. Kalo aku bilang sayangnya, buat Reiko dan mamanya malah untungnya , soalnya katanya Takeshi itu bandelnya amit-amit luar biasa. Okee.. selamet kalo gitu saya *ngelap keringet*

Jadilah di rumah itu berisi 3 orang, trus ditambah aku deh. Keluarganya baik dan ramah. Walopun masi baru hari pertama di sana, tapi kitanya udah gak kaku-kaku gitu.. Mereka juga gak pake jaim-jaiman segala. Baru dateng dari bandara aja udah langsung diajak belanja di supermarket gede. Kalo disini tuh kayak Carefour gitu. Saat itu, kita belanjanya cuma berdua. Aku dan okaa-san. Okaa-san itu panggilan anak ke  nyokap. Karena aku disuru manggil okaa-san juga ya jadi nurut aja. uda gak pake tante atau om segala, langgsung manggil mama. 

Berdua aja karena Reiko lagi ada les nari. Nih anak les nya macem2. Keluarganya udah kayak di film2 Taiwan gitu yang emaknya mau anaknya berprestasi banyak. Reiko sendiri sampe ada les piano, les nari, les merangkai bunga, les kecapi dan les shamisen (alat musik tradisional Jepang yang bunyinya itu khas Jepang banget). Untungnya lagi musim panas itu, sebagian dari les-lesnya itu libur, jadinya Reiko bisa punya waktu lebih banyak di rumah. 

Malemnya, langsung disuguhi makan malem khas Jepang banget, Nabe. Yummmm...
Makanan hot pot yang isinya macem2, mirip2 Sukiyaki tapi yang ini agak kering. Agak aneh sih makan hot pot pas musim panas. 

Ya udah deh, ini baru kisaran cerita di hari pertama aja udah banyak amat perasaan. Masih ada cerita soal hari-hari di sekolah, ketemu temen2 manca negara, pengalaman gempa dari yang kecil sampe yang besar, dan masih banyak lagi. Lanjut cerita di sesi selanjutnya ya.. 

To be Continued...













4 comments:

  1. kalo gua mulai demen ama jepang gara2 baca komik jepang... cuma ga ampe pengen punya cowo orang jepang sih, soalnya kalo nonton doramanya, cowo jepang koq ga ada yg ganteng ya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whattt... gak ada yg ganteng, Mell?! oh nooo... *histeris lebay*
      Tak apalah pandangan masing2 pasti beda.. tak apa.. hikss.. *nangis dibalik selimut*

      Delete
  2. dlu gw sempet belajar sendiri hiragana/katakana, trus begitu masuk kantor dah ga sempet belajar jadi lupa semua. dulu padahal getol bgt pengen ke jepang. Sekarang udah tergeser sama Korea =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha ia.. Korea si juga demen2 aja, tapi hati tetap di Jepang.. mwuahahaha..

      Delete