Saturday, February 23, 2013

I miss Tokyo so much.. #2

Konbanwa, minna san.. kalo bahasa nasionalnya selamat malem, semuanya..
Karena lagi mau random ngebahas soal Jepang lagi, makanya mau sok-sok an pake bahasa Jepang.

Kalo kemaren dulu udah ngebahas proses dari Jakarta bisa sampe di Tokyo, sekarang mau cerita soal hari-hari di Tokyo nya dong.. Kalo yang belom baca cerita pertamanya, kudu baca dulu gih ke sini , maksa! heheheh...
Dari hari pertama dateng juga uda berasa perbedaan yang mutlak dari negara kite. Kotanya bersih!
Di liatin gitu dong pinggir-pinggir jalan gitu ada gak sampah nyempil di trotoar, dan hasilnya nihil.
Bukan dari tukang sapu ato tukang bersih-bersih jalanannya sih yg kelewat rajin, tapi emang dari kesadaran masyarakatnya masing2 dah..

Kalo ngomongin soal masyarakatnya, hmmm.. orang2 Tokyo itu ya karena mereka itu kan orang2 kota ya, jadi kayak udah lebih mandiri aja gitu gayanya. Ibarat kata, mereka agak2 cuek gitu sama orang lain sekitarnya juga. Tapi bukan kelewat sombong2 juga sih.. *maunya apa saya?
Tapi lucunya, kalo mereka udah ketemu sama orang asing, ketertarikan mereka langsung jadi meningkat. Entah ekspresinya kayak berbinar-binar gitu bisa ngeliat orang asing atau kalau-kalau kita ada nanya jalan sama dia. Heran juga. Padahal di Tokyo sendiri udah banyak warga asing yang berimigrasi ke sana buat nimba ilmu dan kerja disana.

Ngomong2 soal nanya jalan, kan aku disana kerjaannya selain dari pagi sampe siang sekolah, yah pas bubaran langsung deh melanglang buana sambil bawa2 peta kota Tokyo. Niat abis kan..? Tapi seru dan juga harus nerima resiko tersesat setiap saat. Tapi kata sensei (guru) di kelas, kita malah musti sering tersesat, karena dengan begitu kita bisa ngelatih bahasa Jepang kita dengan nanya2 jalan sama pejalan kaki yang lewat.

Jadinya bener aja deh sering tersesat. Dulu karena masi jomblo, jadinya kalo tersesat akunya sengaja nyari cowok yg ganteng buat ditanya.. hahahah.. canda.. gatel ajee..
Pernah suatu ketika nyasar, trus akhirnya aku nanya jalan sama om2 separuh baya gitu, ehhh trus dianterin dong sama dia dan itu kita ada jalan selama 15 menit dari tempat dia berada. Padahal saat itu kondisinya dia lagi duduk nyante di taman. Astagahh.. saya terharu om.. Sebegitu pedulinyakah orang2 Jepang? Entah. Mungkin mereka jadi lebih peduli sama orang2 sekitar setelah adanya kejadian gempa terbesar dan tsunami di bulan Maret itu, soalnya waktu aku kesana, kejadiannya masih fresh banget di benak mereka masing2. Masi sekitar 4 bulan sesudahnya. Nah makanya jadi mereka belajar untuk lebih saling bekerja sama dan bukan sendiri-sendiri lagi gitu, itu kata Shibuya. Nanti aku bahas soal temen Tokyo aku yg namanya Shibuya.

Fakta lain mengenai masyarakat Tokyo, jarang sekali nemuin orang yang bisa bahasa Inggris! Jadinya, kalau mau ke Jepang tanpa tour atau treavel ya paling gak kita harus tau basic dari bahasa Jepang dulu, kalau gak mau nasibnya terombang-ambing di tengah keramaian kota *lebayyy

Pernah waktu pulang sekolah, aku sama temen sekelas aku, asalnya dari Russia. Namanya Christina, Yang namanya orang Russia, mencolok banget bedanya sama orang Asia, jelas.. Rambutnya aja terang banget. Curiga kalo lagi mati lampu, paling rambut dia yang masih nyala gitu buat bantu penerangan.
Nah, siang itu kita lunch di restoran ramen.  Dan waktu itu kita masi baru di Tokyo, jadi kadang restoran tuh punya cara order makanan yg beda-beda. Kebetulan di resto itu, dia pake mesih. Jadi sistemnya kayak pake vending machine. Ada gambar2nya kecil gtu sama harganya. Jadi kita kalo mau yang mana ya tinggal masukin dulu duitnya, trus pencet gambar makanan yang kita mau. Nanti yang keluar bukan langsung makanan jadinya, bukan.. Tapi yang keluar bentuknya cuma selembar tiket. Trus tiketnya kita kasi ke kokinya langgsung.

Proses makannya ya seperti biasa, masi lancar-lancar aja sampe kita udah kelar trus mau cabut. Yaaa kebiasan kita di Indo kan kelar makan ya cabut dong, kaga ada kita pake beresin meja sendiri kan. Dan mungkin di Russia tempat si Christina juga begitu, soalnya dia juga sama ikutan jalan gitu aja. Begitu udah mau deket pintu keluar, trus kita dipanggil sama kokinya. Dia bilangnya begini, serufu serifisu..
Trus aku sama Tina barengan liat-liatan sambil pasang tampang bloon. Gak ngerti! Trus aku tanya aja pake bahasa Jepang, nandesuka? artinya, ada apa? Trus dia masi pake bahasa yang sama sambil nunjuk2 mangkok2 bekas kita makan. Dan akhirnya aku ngeh. Ohhhh.... dia mau coba pake bahasa Inggris tohh, yang artinya self service! Astaga mengkeret deh langgsung muka kita, nahan ketawa sebenernya. Tapi karena malu juga diliatin seisi restoran, ketauan ndeso nya kita gak langgsung ngangkatin mangkok2 bekas kita ke tempat tadahan piring kotor.

Kebiasaan orang2 Jepang yang suka ngerubah pronounce bahasa Inggris jadi mirip-mirip bahasa mereka dan cocok di lidah mereka waktu ngomong. Jadi mereka menciptakan bahasa Inggris versi Jepang yang namanya, Katakana. Contohnya ya itu tadi. Karena kalau mereka ngomong self itu susah buat lidah mereka, jadi diubahlah menjadi serufu. Dan seumur-umur aku mendalami bahasa Jepang, hal yang paling aku benci ya itu Katakana nya sendiri. Aneh bin ajaib.

Oke, sekarang mau cerita soal gempa. Di Jepang sendiri udah terkenal kejadian gempanya yang intens dan rutin terjadi. Sampe di gedung2 tinggi kayak apartemen, ada suatu tanda khusus di jendelanya yang bentuknya segitiga warna merah. Itu untuk nandain aja buat nanti kalau-kalau petugas pemadamnya mau nyelamatin orang2 yang di dalemnya. Nah, karena waktu aku disana itu masih baru-baru kejadian yang gempa gede itu, jadinya sisa-sisa gempanya itu masih ada dan malah jadi lebih sering lagi gempanya dari sebelum-sebelumnya. Bayangin, ini gempa hampir setiap hari loh!

Pertama kalinya, aku lagi tidur enak-enak, trus tiba bunyi gretek-gretek gitu kayak bunyi lemari digedor. Nah saat itu bukannya parno gempa, tapi malah mikir Sadako tar keluar dari lemari. Tapi setelah ranjang pun ikut bergeter, baru deh nyadar ternyata gempa lagi berlangsung. Kaca-kaca juga sampe ikutan bunyi. Astaga, saat itu aku takutttt banget. Kan masi belom ahli tuh sama gempa-gempaan ya. Trus pelan-pelan deh keluar kamar, dan ngeliat keadaan di luar yang gelap malah hati makin ketar-ketir. Sambil turun pelan-pelang ngeraba anak tangga satu-satu. Sampe di ruang makannya ngeliat lampu gantungnya ngayun-ngayun gitu. Sumpe deh kalo bukan karena gempa, ini bakalan jadi cerita horror!

Gak lama okaa san (mama) ikutan keluar kamar, trus dia ngeliat aku sendirian di tengah-tengah ruang makan gitu gelap-gelapan, yang ditanya malah, onaka suitaka? artinya, kamu laper ya? Masyaolooo, nyebut... Ini masi dalam keadaan geter2 gitu trus dia malah nanya laper ya. Masih ngigo kayaknya itu okaa san. Tapi akhirnya dia bilang jangan takut dan disuruh balik tidur lagi.

Gempanya berlangsung kira-kira 15 menit. Lama yakkkk....?! Makanya pala ikutan pusing. Biar gempanya uda berenti, tapi masi berasa kayak goyang-goyang sendiri aja trus.
Setelah gempa itu, selanjutnya malah jadi terbiasa. Aseli! Bener-bener nyantai kalo gempa. Kronologis kejadian2nya kayak gini.

Lagi makan malem sama Reiko di ruang makan. Gempa.
Reiko : Goyang ya? Aduh gempa..! *mulai taro makanannya trus pegangan meja makan.
Aku: Iya ya gempa..? nyem nyemm.. *tetep lanjutin makan.

Selesai mandi.
Reiko : Kamu gak apa2 ?! *muka panik
Aku : Emangnya kenapa?
Reiko : Tadi kan gempa!
Aku : Ohh ya? gak berasa ya, hehehe... *dijitak Reiko
Saking semangatnya menggosok daki-daki, sampe gak berasa kalo geter2 juga lantenya.

Dan selanjutnya masih ada kejadian2 gempa dengan momen-momen dan tempat yang beda-beda. Ada yang lagi di kelas, di dalem lift sekolah, di restoran, di seven eleven sampe lagi main di Disneyland pun. Aktivitas bermain sampe harus diberehentikan sejam untuk pemeriksaan wahana-wahana mesinnya supaya keamanannya terjamin.

Seru. Okelah kalo gak di stop ini cerita bisa jadi satu buku.
Nanti baru lanjut lagi soal pengalaman2 lain di Tokyo.

To be continued...











8 comments:

  1. Asli tif... ditengah keriwetan wedding preparation, postingan u soal jepang ini benar-benar menghibur.. jadi penasaran lanjutannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah... Thanks Nicole yang udah mampir..
      Emang bener ini emang sengaja ditulis, soalnya mau istirahat sejenak dari kemumetan wedding prep nya.. Toss deh.. hihi..

      Delete
  2. Hahaha, seru!
    Maybe someday I'll visit Japan. Butuh 1 minggu? nggak cukup kayaknya ya, 2 minggu at least. Wah gawat!
    Lo jadi bikin gue mau ke Jepang. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ke Jepang si Satu minggu gak cukup sis.. Setahun deh! *dijitak

      Ayuk mareh yang mau ke Jepang, saya yang jadi tour guidenya.. *lompat sembunyi di koper

      Delete
  3. Ih seruuu..... Jadi pengen kesana!! Dulu gw sebenernya sih pernah kesana, waktu masih piyik. Udah ga inget lagi. Yang paling gw inget, vending machine emang berjejer-jejer dimana-mana sih ya. Lucky you, pernah tinggal disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Thanks udah mampir...

      Vending machine emang bejibun disana..! Sampe kolor pun ada di jual di vending machine!
      Hahahahahh...

      Delete
  4. wahh jadi pingin mampir ke jepang lagi sis... hehehe...
    ntar minta honeymoon ke jepang ahhh *ngarep mode ON
    btw, seru ya sis wedding prepnya... kebetulan saya jg lagi nyiapin wedding ni... cuman baru awal2 si... hehehe... dan kyknya kita seumuran *kalo baca dr about us nya
    btw, aku masukin ke blog list ya sis...

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you udah mampir sis Carolina.. :)
      Mau dong kalo laki ngasi honeymoon ke Jepang.. *ngarep.com.
      Gimana-gimana persiapannya?
      Gud luck ya! Semangat!

      Delete