Sunday, December 9, 2012

Tentang kondangan

Kenapa ya selalu nulis post tengah malem? Emang ide-ide itu sering munculnya kalo malem kali ya? (Teringat masa-masa nulis skripsi selalu di tengah malam sampe subuh..)

Tadi baru pulang kondangan. Dan kondangan untuk hari ini ada 2 dan besok ada 2, jadi totalnya 4 kondangan dalam 2 hari ini. Aslikk tadi jadi rada keburu-buru jadinya, mana 2 tempat resepsinya saling berjauhan. Sayangnya juga ga ada yang bisa cuma sekedar nitip angpao, karena yang satu itu sodara nyokap dan yang satunya temen baek nyokap. Jadinya tetep dan wajib harus dateng.

Oke, pertama kita pergi ke resepsi sodara nyokap, yang karena tempat resepsinya yang jauh dari rumah. Karena yang resepsi temen baek nyokap ada di Balai Samudra Kelapa Gading, Jadi rencananya abis dari resepsi sodara nyokap ada di daerah Kedoya, kita bisa langsung sekalian pulang nanti. Aku tinggal di Kelapa gading btw..

Seperti yang udah aku bahas di post sebelumnya, kalo soal aku dulu yang belom ada niatan buat nikah, hal pertama yang aku liat itu pasti makanannya dulu. Biasanya aku selalu udah mulai bagi tugas disitu sama nyokap. "Okeh, mami ngantri di Dimsum, cece (panggilan rumah) ngantri di Salmon ya!" Contoh aba-aba nyokap biasanya.
Tapi itu soal dulu.. Walaupun sekarang juga masi kayak gitu bagi tugas buat ngantri makanan, tapi sekarang ada ritual baru buat aku dan nyokap kalo dateng di kondangan2nya orang.

Begitu masuk ke tempat penerima angpao, pasti kita berdua udah celingak-celinguk atas, kanan, kiri, udah mirip petugas inspeksi lapangan pokoknya. Bukan bertujuan untuk maling, tapi secara otomatis kita pasti mengamati dan mengomentari hal-hal yang bersangkutan dengan properti nikahan.
Nah, ini yang aku mau tanya2 juga sama capeng2 yang lain. Apa ini sindrom tiap2 calon penganten ya kayak gini? Yang kalo dateng ke nikahan orang jadi lebih sensitif semuanya tentang hal-hal disekeliling kita di tempat resepsi.
Contohnya:

Hal pertama yang kita liat pertama itu pasti dekor. Diliat dari lorongnya, penataan ruang buat pajangan foto-foto. Kalo udah gitu kita biasanya ngomenin soal warna. Warna yang sesuai dengan tema pengantennya malem itu.

Hal kedua, souvenir. Mulai dari apa souvenirnya sama ke gimana pembungkusannya. Ada yang pake mika kah atau cuma diplastikin ato dipitain.

Hal ketiga, dekor lagi. Tapi yang ini dekor dalem dan pelaminannya. Entah itu yang pelaminan bentuk minimalis, atau 3D bulet ato 3D kotak. (saking udah sering mendalami hal-hal seputar ini, saya jadi ahli)

Hal terakhir dan yang pasti adalah.... makanan. Eits, tapi kali ini kita ngamatin makanan bukan cuma berdasarkan nafsu kelafaran aja. Pertama kita ngitungin dulu kira2 untuk gedung ini atau hotel ini, mereka ngambil makanan pondokan itu berapa macemnya.
Emang biasanya kalo ngomong sama nyokap udah suka berat-berat kalo ngomongin soal katering. Soalnya dia emang udah sering diminta jadi kepala panita konsumsi, mulai dari acara kecil sampe acara yang gede di gereja.
Biasanya nyokap paling serius ngomongin soal katering. "Nah ini nanti untuk food stall nya bisa diatur di sebelah sini dan di sana, dibagi dua biar ga teralu ngantri, jadinya kita banyakin kuantiti makanannya aja jangan jenisnya yang dibanyakin... hmmmmm... Cece, nanti kamu ngantriin Lasagna yang disitu ya, mami mau ngantri sop Iga di sana.." Gubrakk dehh, selalu berujung dengan pembicaraan itu.

Btw, tadi aku ada sempet ngambil poto pelaminan yang sodara nyokap punya..


Kondangan sodara nyokap

Dia bernuansa serba biru. Dari pelaminan, taplak, serbet, sampe seragam penerima angpao dan keluarga. Tapi aku dan nyokap engga, soalnya sodara deket tapi jauh (If you know what I mean.. Hard to explain).
Untuk acar resepsinya si gak gitu banyak tamu. Paling sekitar tamu undangan yang hadir. Dan kapasitas tempatnya yang emang gak gitu gede juga, cukup nampung dan masih tersisa banyak tempat2 lapang buat mojok sambil makan. 

Sayangnya, yang resepsi di Balai Samudra gak sempet aku poto. Dikarenakan keadaan yang tak memungkinkan. Tujuannya mau poto pelaminan, tapi karena dateng udah telat sejam dari waktu mulai acara, jadinya di pelaminan udah penuh sesak tamu2 ngantri buat salaman. Tapi yang jelas temanya warna merah campur emas. 
Kalau yang di pesta kedua, tamunya mungkin ada 2000an orang. Jadinya, agak-agak hectic, tapi untungnya masih gak sampe sesek-sesekan, karena Balai Samudra sendiri berkapasitas 3000 orang. 

Yak, nanti untuk pembahasan selanjutnya mengenai rancangan dekor buat wedding aku, bisa dibahas di sekuel berikutnya.. (banyak deh pe-ernya..)

Tambahan.. 

Hasil bunga comotan/colongan dari dekor 



2 comments:

  1. Gue juga suka begitu kok tif,
    datang ke acara kawinan orang pasti sok jadi komentator gitu deh, dekornya lah begini-begitu, detail disini-sananyalah begitu, gak suka atau terkesan banget sama ini dan itunya, dan lain-lainnya itu *gue rasa ini mah udah bawaab kali ya* atau lebih tepatnya sindrom perfectionist... :)

    ReplyDelete